(Drs. Saipurrahman LPMP Kalsel)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MEMBUAT PROPOSAL PTK DENGAN LATIHAN TERBIMBING
A. PENDAHULUAN
1. Latar Belakang Masalah
a. Banyak guru-guru yang tidak bisa naik pangkat dari IVA ke IVB yang salah satu pernyaratannya adalah pengembangan profesi dimana didalamnya terdapat KTI.
b. Salah satu KTI yang banyak diminati guru adalah PTK
c. Di lapangan membuktikan bahwa sebagian besar guru tersebut belum memahami tentang cara membuat proposal PTK
d. Jika permasalahan ini dibiarkan, maka akan berpengaruh pada menurunkan kinerja guru di sekolah yang berakibat pada menurunnya hasil pembelajaran
e. Salah satu cara yang dianggap paling tepat untuk meningkatkan kemampuan guru dalam merancang proposal adalah melalui latihan terbimbing
2. Perumusan Masalah dan Cara Pemecahannya
a. Rumusan masalah
Secara Umum : Apakah melalui pembimbingan terpimpin dapat meningkatkan kemampuan guru dalam membuat proposal PTK?
Secara Khusus :
1). Bagaimana proses pelaksanaan pembimbingan terpimpin yang diberikan kepada guru?
2). Bagaimana kemampuan guru dalam membuat proposal PTK setelah memperoleh pembimbingan terpimpin?
b. Pemecahan masalah
Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan tindakan dalam bentuk pembimbingan terpimpin. Sedangkan kadar kemampuan guru dalam membuat proposal PTK diukur melalui pengamatan terhadap proses dan hasil kerja guru pada saat membuat proposal
3. Tujuan Penelitian
a. Umum : Untuk meningkatkan kemampuan guru dalam membuat proposal PTK melalui pembimbingan terpimpin
b. Khusus :
1). Untuk mengetahui proses pembimbingan terpimpin yang diberikan kepada guru
2). Untuk mengetahui bagaimana kemampuan guru dalam membuat proposal PTK setelah memperoleh pembimbingan terpimpin
4. Manfaat Penelitian
a. Teoritis
Penelitian berguna untuk pengembangan ilmu dalam hal pembimbingan atau pembuatan proposal PTK
b. Praktis
1). Guru : peningkatan pemahaman dalam pengembangan profesi khususnya dalam penyusunan proposal PTK
2). Kepsek : mempunyai guru yang trampil dan profesionalisme
3). Pengawas : memahami tentang bagaimana membina guru khususnya dalam pembimbingan PTK
B. KAJIAN PUSTAKA
1. Teori tentang latihan terbimbing
2. Sistimatika proposal
3. Latihan terbimbing dalam penyusunan proposal
4. Kerangka Berpikir
a. Kondisi awal : guru belum mampu membuat proposal PTK yang baik
b. Tindakan : Guru menerapkan latihan secara terbimbing sebagai salah satu upaya untuk peningkatan kemampuan dalam membuat proposal
c. Kondisi Akhir : diharapkan setelah dilakukan tindakan, proses dan hasil penyusunan proposal semakin baik
5. Hipotesis tindakan
Berdasarkan kajian teori dan kerangka berpikir, diduga bahwa melalui latihan terbimbing kemampuan guru dalam membuat propsal PTK semakin meningkat
C. PROSEDUR PENELITIAN
1. Setting Penelitian Penelitian dilaksanakan di SDN Binaan dalam wilayah Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar Provinsi Kalsel dengan jumlah guru 25 orang pada kelas VI
2. Data Penelitian:
a. Observasi
- Pelaksanaan pembimbingan
- Proses pembimbingan
b. Dokumen : hasil kegiatan guru dalam menyusun proposal
3. Rencana Tindakan : Peneliti berkolaborasi dengan guru melakukan kegiatan yang meliputi; menyusun rencana/jadwal pembimbingan , menyusun instrumen , menyusun pedoman/panduan pelaksanaan tindakan
4. Pelaksanaan tindakan : Menerapkan tindakan yang mengacu pada skenario (rencana pembimbingan yang telah disepakati)
5. Observasi dan Evaluasi: melakukan observasi dengan format observasi, menilai hasil tindakan dengan menggunakan format yang disediakan
6. Analisis dan refleksi : melakukan evaluasi tindakan yang telah dilakukan, meliputi evaluasi mutu, jumlah dan waktu dari setiap jenis tindakan, melakukan pertemuan untuk membahas hasil evaluasi tentang rencana pembimbingan. Memperbaiki pelaksanaan tindakan sesuai hasil evaluasi, untuk digunakan pada siklus berikutnya.
D. DAFTAR PUSTAKA
1. ...............................................
2. ...............................................
3. dst
Lampiran : Program tindakan, Instrumen, jadwal, nama peserta, hasil kerja, dan hasil pengamatan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar